Penelusuran Merek
Dalam tulisan sebelumnya, saya menyebutkan tidak dilakukannya penelusuran
sebelum diajukannya permohonan pendaftaran sebagai sebuah kekeliruan yang
sering dilakukan oleh para pengusaha. Secara ringkas telah saya jelaskan apa
yang dimaksud dengan penelusuran. Kali ini saya ingin membahas lebih jauh mengenai
penelusuran merek atau trademark search, apa kesulitannya dan mengapa
anda sebaiknya menggunakan jasa konsultan Kekayaan Intelektual (KI) yang
berpengalaman untuk penelusuran merek. Siap?
Jadi begini, semua
merek yang telah diajukan permohonan pendaftarannya tercatat dalam database
Direktorat Merek dan Indikasi Geografis (DMIG). Merek-merek ini dapat dijadikan
dasar penolakan oleh pemeriksa merek di DMIG terhadap merek yang diajukan
permohonan pendaftarannya jika dianggap memiliki persamaan. Jelas ya sampai
sini? Lanjut.
Nah, apa acuan yang digunakan dalam menentukan persamaan? Dalam pemeriksaannya, pemeriksa merek akan meninjau dan mempertimbangkan setidaknya unsur-unsur visual dan/atau pengucapan dalam menentukan apakah suatu merek memiliki persamaan dengan merek yang telah masuk ke dalam database. Penerapan acuan persamaan ini membutuhkan ketrampilan dan konsultan KI yang telah berpengalaman akan dapat membantu memperkirakan merek-merek yang sekiranya akan dijadikan dasar penolakan dan peluang penanggulangannya. Dengan kata lain hasil penelusuran merek dapat membantu anda memperkirakan apakah suatu merek yang dimohonkan pendaftaraannya akan ditolak dan/atau kans untuk mengatasinya.
Anda dapat melaksanakan sendiri penelusuran merek. Cara yang paling mudah adalah dengan mengunjungi www.jumbomark.com. Penggunaanya cukup mudah sehingga sepertinya tidak perlu saya jabarkan di sini. Well, jika memang perlu, silakan komen di bawah. Yang harus digarisbawahi adalah, meskipun jumbomark dapat memperlihatkan merek-merek yang dapat dianggap sama, anda masih membutuhkan jasa konsultan KI untuk memberikan kiat-kiat mengatasi penolakan permohonan pendaftaran merek anda.
Penelusuran merek tergolong sedikit sulit ketika merek yang ditelusuri adalah merek dengan unsur lukisan atau logo. Ini karena database di DMIG belum mengindeks lukisan atau logo yang masuk. Walhasil, anda harus sabar memelototi database DMIG. Nah, disinilah peran konsultan KI juga diperlukan. Konsultan KI (yang jago) dapat menggunakan keyword tertentu untuk dapat menampakan merek-merek dengan unsur lukisan yang dianggap sama.
Ada pertanyaan
terkait penelusuran merek? Silakan komen atau WA ke 081380204656.
Comments
Post a Comment